Anime

Kamis, 19 November 2009

Robot Saya Mampu Jadi Pelayan Toko dan Guru

Rachmatunnisa - Okezone
(Foto: Telegraph)

TOKYO - Sebuah pusat perbelanjaan di Jepang bernama Takashimaya di Ginza, Jepang, menghadirkan robot sebagai pelayan toko untuk melayani para pembeli.

Robot pramuniaga bernama Saya ini merupakan ciptaan seorang perancang robot bernama Hiroshi Kobayashi dari Tokyo University of Science. Saya yang rampung dirakit pada 2004 sebenarnya tak hanya bisa melakukan tugas sebagai pramuniaga toko. Sebelumnya, robot ini sudah pernah diujicoba menjadi tenaga pengajar di sekolah dasar di Tokyo.

Setelah sukses melakukan tugas sebagai pengajar, perancangnya ingin melihat kemampuan Saya dalam melayani pengunjung toko. Saya pun mulai 'bekerja' di Takashimaya selama satu minggu sebagai pramuniaga.

Telegraph, Kamis (19/11/2009) melansir, Saya bisa merespons pertanyaan dan keluhan pembeli dengan 700 cara berbeda. Saya memiliki kemampuan untuk memberikan saran sesuai dengan pertanyaan yang diajukan pembeli.

Robot humanoid ini pun bisa menampilkan ekspresi wajah senang, sedih dan marah sesuai dengan situasi yang dihadapinya dan hampir mirip dengan manusia.

Namun bagaimanapun, Saya hanyalah robot yang memiliki kekurangan. Meski sudah disetting sedemikian rupa, Saya terkadang 'lupa' akan sopan santun. Kini Saya dikembalikan lagi ke Tokyo University untuk dikembangkan lebih canggih lagi.

Menurut pemilik toko, wajah marah Saya menakutkan bagi anak-anak dan bisa berpengaruh terhadap jumlah pengunjung anak-anak yang membeli kado Natal di toko tersebut. (rah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

adsensecamp.com

My Favorites