Anime

Kamis, 19 November 2009

10 Momen Internet Berpengaruh Versi Webby Awards

Sarie - Okezone
Antrian iPhone saat peluncuran perdana tahun 2007

WASHINGTON - Kelahiran Wikipedia, tumbangnya Napster, kemunculan iPhone, Facebook dan Twitter menjadi sebagian dari 10 sejarah yang muncul di internet abad ini dan dianggap paling berpengaruh.

Perhelatan Webby Awards yang diadakan oleh Academy of Digital Arts and Science, yang berbasis di New York, juga menyebutkan peristiwa protes pemilu Iran, ekspansi Craigslist, dan peluncuran Google AdWords sebagai kejadian paling bersejarah di internet.

"Internet memiliki sejarah tersendiri abad ini karena mampu mengubah setiap aspek dalam kehidupan kita sehari-hari, baik dari segi komersil dan komuniksai, hingga politik dan budaya pop," ujar Direktur Eksekutif Webby Award David-Michael Davies, seperti dikutip melalui AFP, Kamis (19/11/2009).

Menurut David, Webby Award mencoba mencari fenomena yang membuat internet mengubah kebiasaan sehari-hari, bahkan mampu mengubah sistem yang membuat kekuasaan berada di tangan orang-orang biasa.

Berikut 10 momen paling berpengaruh di internet versi Webby Awards dalam 10 tahun terakhir.

- Ekspansi Craigslist ke luar San Fransisco (2000)
- Peluncuran Google AdWords (2000)
- Peluncuran Ensiklopedia Onlline Wikipedia (2001)
- Situs file-sharing online Napster berhenti beroperasi (2001)
- Google IPO (2004)
- Revolusi Video Online oleh YouTube (2006)
- Terbukanya Facebook bagi anggota non-kampus dan peuncuran twitter (2006)
- Debut Apple iPhone (2007)
- Penggunaan internet untuk kampanye presiden AS (2008)
- Penggunaan Twitter untuk protes pemilu Iran (2009)

Pengumuman pemenang pada perhelatan Webby Awards ke-14 akan dilaksanakan pada April 2010. Selain kategori momen paling berpengaruh, Webby juga akan memberikan berbagai macam kategori termasuk situs berita paling berpengaruh, iklan interaktif, serta kategori film maupun video online. (srn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

adsensecamp.com

My Favorites