Anime

Kamis, 19 November 2009

Meksiko Berencana Seriusi Bidang Antariksa

Sarie - Okezone
Astronot

MEKSIKO - Pemerintah Meksiko dikabarkan sedang berencana untuk membangun badan antariksa nasional seperti NASA untuk mengembangkan industri dibidang astronomi dan luar angkasa.

Rencana ini diungkapkan oleh Presiden Meksiko Felipe Calderon seiring dengan kebanggannya menyambut dua orang warga Meksiko yang telah berhasil menjelajah ke stasiun luar angkasa internasional (ISS) pada bulan Agustus lalu. Seorang warga dan seorang ahli luar angkasa Meksiko tersebut telah menjadi bagian dari tim astronot yang dikirim NASA.

"Saat ini anggota dewan telah memiliki rencana untuk membangun badan antariksai di Meksiko, dengan alokasi dana sekira USD9,38 juta," ujar Calderon, seperti dikutip melalui Xnhua, Kamis (19/11/2009).

Calderon optimis mampu memajukan bidang astronomi dan antariksa seperti halnya Amerika Latin, Brasil, dan Costa Rica, yang telah lebih dulu memiliki program antariksa di negara masing-masing. Bahkan di Costa Rica, program tersebut dijalankan oleh warga yang telah memiliki pengalaman ke antariksa bersama NASA.

Untuk memperlancar rencana tersebut, Calderon juga mengemukakan bahwa pemerintah telah melakukan invetasi sains dan membuka perdagangan dibidang pesawat terbang. Hal ini ternyata telah menarik minat perusahaan pesawat terbang Kanada Bombadier, untuk berinvestasi miliaran dolar di Meksiko.

"JIka kita memiliki rasa ingin tahu, ketertarikan dan perilaku observasi yang tinggi maka itu sama saja kita mengajarkan anak-anak kita untuk mengembangkan logika dan kemampuan matematika mereka," ujar Calderon. (srn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

adsensecamp.com

My Favorites