Anime

Rabu, 25 November 2009

Delapan Tahun, Infeksi HIV Dunia Turun 17%

Stefanus Yugo Hindarto - Okezone
(Foto:topnews)

JENEWA - Upaya untuk mengurangi jumlah penderita HIV di dunia menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah berjalan baik. Dalam laporannya, WHO dan Nations Programme on HIV/AIDS (UNAIDS) mengungkapkan bahwa dalam delapan tahun terakhir jumlah infeksi HIV menurun sekira 17 persen.

Di sejumlah kawasan seperti Afrika hingga Asia, rata-rata mengalami penurunan, hanya wilayah Eropa Timur saja yang mengalami kenaikan. Dari tahun 2001 hingga 2009 jumlah penderita baru yang terinfeksi HIV di benua Afrika menurun sekira 15 persen, sedangkan di kawasan Asia Selatan menurun 10 persen, dan di Asia Timur menurun 25 persen.

"Penurunan tersebut merupakan sebuah kabar, di mana ancaman HIV terus menurun dan ini adalah buah dari upaya pencegahan,' ujar Michel Sidibe, Executive Director of UNAIDS, seperti dilansir dalam situs resmi WHO, Rabu (25/11/2009). Studi ini dilakukan dengan mengkaji sejumlah program-program pencegahan yang telah dilakukan oleh UNAIDS.

Data lain yang diungkapkan UNAIDS dan WHO menyebutkan bahwa jumlah orang yang hidup dengan HIV diperkirakan berkisar pada 31,1 juta hingga 35,8 juta orang.

Sementara itu, Dr Margaret Chan, Director-General of WHO mengatakan, sejumlah investasi yang dilakukan oleh dunia internasional telah menunjukkan hasil yang baik, sebab itu masyarakat tak dapat meninggalkannya begitu saja. "Sudah saatnya kita melakukan upaya dua kali lebih besar untuk menyelematkan nyawa manusia lebih banyak," tandasnya. (ugo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

adsensecamp.com

My Favorites