Anime

Rabu, 25 November 2009

16 Kapal Laut Lebih Berpolusi dari Mobil Sedunia

Rachmatunnisa - Okezone
(Foto: Ist)

WASHINGTON - Seorang penulis sains mengemukakan sebuah fakta yang mengejutkan. Dalam tulisannya yang diganjar penghargaan, dia menyebutkan 16 kapal laut raksasa bisa memproduksi polutan setara dengan yang dikeluarkan mobil di seluruh dunia.

Penulis Confessions of an Eco Sinner Fred Pearce menemukan bahwa kapal api bisa membunuh ribuan nyawa dengan mengeluarkan bahan bakar kotor yang mereka gunakan.

Seperti dilansir dari Daily Mail, Rabu (25/11/2009), semakin besar ukuran kapal, maka semakin buruk polusi yang dihasilkan. Hal itu dikarenakan mesin raksasa pada bodi kapal menggunakan bahan bakar sama banyaknya dengan bahan bakar untuk tenaga power station kecil.

Mesin kapal api bisa membakar bahan bakar paling kotor dan berkadar sulfur tinggi. Bahan tersebut menyisakan zat berbahaya yang sebenarnya dilarang untuk digunakan sebagai bahan bakar. Beruntung, dengan adanya peraturan yang ditetapkan International Maritime Organization, polusi dari kapal api dapat diminimalisir.

Rata-rata kapal api raksasa mengeluarkan 5.000 sulfur setiap tahunnya. Jumlah ini sama dengan 50 juta mobil berjenis sama yang mengeluarkan sekira 100 gram sulfur per tahun.

Jumlah mobil yang beroperasi di seluruh dunia setiap harinya diperkirakan berjumlah 800 juta unit. Artinya, 16 kapal api raksasa bisa mengeluarkan sulfur setara dengan polusi bahan sulfur yang dikeluarkan armada mobil di seluruh dunia. (rah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

adsensecamp.com

My Favorites