Anime

Minggu, 29 November 2009

Turki Kembangkan Mesin Pencari

Stefanus Yugo Hindarto - Okezone

ANKARA - Turki berencana mengembangkan mesin pencari yang dikhususkan untuk melayani kebutuhan pencarian di dunia maya bagi masyarakat Turki. Mesin pencari tersebut dijadwalkan akan beroperasi pada tahun 2010.

"Saya percaya bahwa mesin pencari buatan kami akan populer di Turki dan negara-negara muslim lainnya dan saya juga yakin bahwa negera kami akan mempercayai mesin pencari ini," kata Chairman Information Technologies and Communications Authority Board, Turki, Tayfun Acarer seperti dilansir Xinhua, Minggu (29/11/20090.

Pengembangan mesin pencari dalam negeri itu juga mempertimbangkan aspek keamanan negara. Selama ini pengguna internet Turki selalu menggunakan mesin pencari milik asing seperti Yahoo dan Google.

Selain itu, Acacer mengungkapkan bahwa, seluruh mesin pencarai yang ada saat ini, terkadang belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Turki. Sebab itu, selain mesin pencari Turki juga akan mengembangkan proyek lainnya seperti alamat email khusus untuk 70 juta warga. Nantinya, setiap warga Turki akan mendapatkan kuota sekira 10 gigabyte untuk email yang terhubung juga dengan nomor identitas lainnya dan nomor ponselnya.

"Proyek ini sedang dalam ujicoba dan seluruh infrastruktur software telah siap," kata Acacer.

Diharapkan, dengan adanya sistem jaringan tersebut, warga Turki akan segera beralih dari penyedia layanan email seperti Yahoo, Gmail dan Hotmail. (ugo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

adsensecamp.com

My Favorites