Anime

Minggu, 29 November 2009

'Kotak Ajaib' Bantu Tim Penyelamat Saling Terhubung

Rachmatunnisa - Okezone
(Foto: Ist)

WASHINGTON - Ketiadaan sinyal ponsel atau akses internet kerap mempersulit para anggota tim penyelamat di daerah-daerah bencana. Sekarang, para ahli telah menemukan cara agar mereka bisa tetap saling terhubung dimana pun mereka berada.

Tim ahli dari Norwegia menginisiasi CELTIC project DeHiGate untuk mengembangkan teknologi yang bisa mendukung jaringan ponsel dan internet bahkan ketika berada di medan dan kondisi yang sangat sulit dijangkau.

"Kami memiliki ide untuk membuat sebuah perangkat berbentuk kotak yang canggih guna menghubungkan semua jenis pusat komunikasi seperti satelit dan wireless," kata salah satu anggota tim, Vidar Karlsen seperti dikutip dari Big News Networks, Jumat (27/11/2009).

Tim ahli yang melibatkan perusahaan teknologi asal Prancis, operator Spanyol dan beberapa perguruan tinggi ternama ini juga memperlihatkan aplikasi teknologi yang siap digunakan di jalan raya dengan jangkauan jaringan yang buruk.

Para ahli ingin memastikan bahwa kapasitas bandwith yang mereka siapkan memungkinkan anggota tim penyelamat bisa menerima atau mengirim informasi, peta, suara, maupun gambar ke anggota lainnya. Hal ini akan memudahkan mereka bekerja lebih cepat dan aman saat bertugas.

Karlsen menyebutkan perangkat berbentuk kotak itu merupakan advanced router yang digunakan pada perlengkapan dan hardware yang telah ada. (rah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

adsensecamp.com

My Favorites